Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Ampuh dan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami - Bau badan merupakan bau tidak sedap yang muncul pada badan dikarenakan bakteri dan keringat. Hadirnya keringat akan membantu memperbanyak jumlah bakteri di tubuh kita, bakteri itu akan memecahkan protein hingga menjadi asam yang mempunyai bau tidak sedap. Biasanya keringat itu muncul setelah manusia beraktivitas, apalagi aktivitas berat. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan memberikan tips cara menghilangkan bau badan ketiak secara alami yang ampuh dan cepat.

Gambar untuk Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Sumber gambar: ayobuka.com


Cara sederhana namun bisa dijadikan prioritas utama dalam mengusir bau badan adalah dengan mandi minimal dua kali sehari. Mengurangi makanan pedas, berminyak dan banyak mengandung bumbu rempah yang juga salah satu langkah dalam mengatasi bau badan/bau ketiak. Beberapa jenis makanan penyebab bau badan adalah makanan olahan dan siap saji, daging, bumbu rempah, bawang putih.

Bau badan merupakan masalah klasik yang sering menjadi keluhan sebagian orang, namun Anda tidak perlu stres akan hal itu, karena dengan stres justru akan membuat bau badan semakin tidak sedap dikarenakan oleh tekanan emosi. Begitu juga yang dikatakan oleh salah satu dokter, bahwa tekanan emosi akan lebih banyak memproduksi keringat.

Sebelum kami membagikan tips menghilangkan bau badan secara alami ampuh dan cepat, sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu penyebab dari bau badan itu sendiri agar tips yang nantinya akan kita terapkan tidak menjadi sia-sia akibat tidak memperhatikan penyebab timbulnya bau badan.

Penyebab Bau Badan

1. Memiliki Bulu Lebih Banyak

Orang yang memiliki bulu yang banyak lebih berpotensi timbulnya bau badan. Hal ini dikarenakan kelenjar apokrin memiliki fungsi dalam meminyaki rambut. Apabila bulu di bagian tersebut banyak, kelenjar apokrin tidak bisa menguap sehingga menempel di bulu atau rambut. Alhasil, bakteri punya peluang lebih lama memecah protein yang terkandung dalam kelenjar apokrin. Tidak heran apabila umumnya pria mempunyai bau badan yang lebih tajam dibandingkan wanita. Faktor itu terjadi sebab bulu di tubuh pria tidak sedikit, jadi kelenjar apokrin mereka lebih aktif.

2. Mengonsumsi Makanan Pedas, Berbau Tajam dan Daging Merah

Nyatanya, makanan yang kami konsumsi bisa memengaruhi bau badan, khususnya makanan yang berbau tajam, semacam bawang, petai, serta lain-lain. Sebab, tidak hanya melewati urine serta feses, makanan juga dikeluarkan melewati keringat. Sebab itu, tidak heran apabila masyarakat yang populer suka mengonsumsi kari yang mengandung tidak sedikit rempah,  mempunyai bau badan yang khas.
Bau badan juga bisa timbul dampak tidak jarang mengonsumsi daging merah. Kandungan protein yang lumayan tinggi pada daging merah dipecah oleh amoniak jadi keringat yang keluar dari tubuh menjadi bau. Demikian juga  apabila mengonsumsi makanan pedas. Suhu tubuh bakal meningkat jadi produksi keringat semakin bertambah. Ketika keringat bertambah, bakteri memiliki peluang dalam memecah protein sehingga menimbulkan bau yang sangat tidak sedap.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh

Faktor paling besar seseorang mempunyai bau badan tidak sedap merupakan sebab perilaku tidak sehat yang tidak menjaga kebersihan tubuh, semacam jarang mandi, tidak mengganti pakaian berbahan  jins dalam waktu lama, memakai baju tebal saat panas, serta lain sebagainya. Semua kebiasaan itu memberi peluang bakteri untuk memecah protein pada keringat jadi menghasilkan bau badan.

4. Akibat Penyakit

"Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan bau badan merupakan diabetes. Faktor itu dikarenakan oleh gula darah yang tidak terkontrol sehingga terjadi keadaan ketoasidosis yang bisa menyebabkan aroma bau di badan," kata Amaranila. Penyakit leever juga akan menyebabkan badan penderitanya mengeluarkan aroma tidak sedap sebab tubuh tidak mampu mengeluarkan racun.

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Semacam yang telah dijelaskan diatas, bahwa bau badan dikarenakan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Keringat dihasilkan dari sebuah kelenjar yang ada di dalam tubuh yaitu kelenjar accrine serta apocrine. Kedua kelenjar tersebut mempunyai manfaat/peranan yang tidak sama. Kelenjar accrine dapat menghasilkan kelenjar bening serta tidak berbau, kelenjar berjenis ini telah diproduksi ketika kita masih bayi, biasanya akan keluar pada telapak tangan, dahi dan punggung.

Sedangkan kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan tempat tumbuhnya rambut semacam semacam hidung, ketiak serta kemaluan. Kelenjar tersebut produksinya bakal meningkat khususnya pada saat masa-masa pubertas yang mana apabila bercampur dengan bakteri, maka bakal memunculkan bau yang tidak sedap sehingga kemudian disebut dengan bau badan.

Disadari ataupun tidak, bau badan bisa mengurangi rasa percaya diri kami dalam berteman. Orang yang bau badan biasanya bakal minder saat berdekatan dengan orang lain, mesikipun telah menggunakan parfum, tapi terkadang bau badannya masih tercium. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami dari tubuh? Berikut kami bagikan 10 cara alami menghilangkan bau badan yang kami kumpulkan dari beberapa sumber. Mari kita simak tips berikut ini:

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Ampuh

1. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mandi Secara Teratur

Bau badan dapat saja terjadi apabila pola hidup tidak teratur, diantaranya seperti jarang mandi. Maka dari itu apabila ingin terbebas dari bau badan, mandilah dengan cara teratur 3 kali sehari.

2. Cara Mengatasi Bau Badan dengan Air Rebusan Daun Sirih

Sudah pada tahu daun sirih kan? Daun yang mempunyai segudang manfaat, yang salah satu kegunaaan itu ialah perannya dalam menghilangkan bau badan. Caranya sangat mudah. Sediakan 30 lembar daun sirih atau secukupnya. Campurlah dengan air secukupnya. Lalu panaskan sampai airnya betul-betul mendidih. Kemudian campurkan air rebusan sirih tersebut dengan air dingin supaya air rebusan tersebut tidaklah terlalu panas. Terakhir, mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Praktekkan cara ini dengan teratur.

3. Cara Mengobati Bau Badan dengan Minum Air Rebusan Daun Sirih

Selain dengan dimandikan, daun sirih juga dapat diminum supaya hasilnya lebih optimal. Cara menggunakannya cukup mudah. Kita hanya butuh menyediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian silahkan direndam bersama 1 gelas air putiih. Tunggu sampai air tersebut (rendaman daun sirih) dingin, lalu minumlah. Supaya lebih enak, kamu juga dapat menambahkan gula putih.

4. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis

Ambil 1 buah jeruk kemudian potong serta ambil airnya. Seusai itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih serta kapur. Selanjutnya kamu oleskan dibagian tubuh yang dianggap sebagai asal bau badan, seperti ketiak.

5. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bagian dari rempah-rempah yang bisa digunakan dalam mengusir bau badan. Caranya, siapkan beberapa kuntum buah cengkeh, kemudian rendam dengan air sampai buah cengkih mengembang. Terakhir, minumlah airnya. Apabila mau, bisa juga menambahkan gula supaya rasanya lebih enak. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan air rendaman cengkeh pada ketiak Anda.

6. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Ketimun

Siapkan 1 buah mentimun, kemudian silahkan dikupas mentimun tersebut. Seusai itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut dibagian badan yang berbau setiap selesai mandi.

7. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Kemangi

Daun kemangi tidak jarang kita temui dipasar maupun dirumah makan. Biasanya kemangi suka dijadikan urab maupun lalap sebagai kawan nasi. Makanlah daun kemangi dengan teratur dipagi serta sore hari maka kamu bakal terhindar dari bau badan.

8. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki rasa pedas serta hangat. Jahe tak jarang dijadikan sebagai bahan minuman hangat maupun sebagai pengganti minyak pijat. Tetapi kita juga bisa memakai jahe sebagai obat dalam mengatasi bau badan. Kita juga bisa meminum wedang jahe dengan cara teratur supaya terhindar dari bau badan. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe dibagian ketiak supaya terhindar dari bau badan.

9. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Kecombrang

Kecombrang biasanya diambil daun mudanya alias buahnya sebagai bahan untuk membikin rujak, terutama rujak 7 bulanan. Kecombrang ini rasanya asam. Kecombrang juga bisa kita gunakan untuk menanggulangi bau badan, caranya dengan memakan kecombrang. Atau dapat juga dengan cara menumbuk kecombrang kemudian digosokan pada daerah yang dianggap asal bau badan (ketiak).

10. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Beluntas

Beluntas adalah tumbuhan semak yang memiliki cabang yang tidak sedikit, berbulu lembut serta berusuk halus. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau tumbuh liar. Tingginya bisa mencapai 3 meter jika tidak dipotong, jadi tidak jarang ditanam untuk dijadikan sebagai pagar pekarangan. Tetapi nyatanya tidak hanya bisa dipakai sebagai tanaman pagar, beluntas juga berguna untuk menanggulangi bau badan. Caranya cukup mudah, kita cukup hanya memakannya sebagai lalapan, maupun dimasak terlebih dahulu.


Itulah 10 tips menghilangkan bau badan secara alami. Untuk menghindari bau badan kembali muncul di tubuh Anda, simak juga beberapa cara mencegah bau badan berikut ini:

Cara Mencegah Bau Badan

1. Hindari Makanan Penyebab Bau

Supaya bau badan tidak semakin menghantui keseharian Anda, segera lakukan pencegahan dengan cara membatasi konsumsi makanan yang menjadi penyebab bau semacam makanan-makanan berikut ini:

Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang mempengaruhi bau keringat yang keluar memiliki aroma yang menyengat. Contohnya seperti bumbu kari, bawang putih serta bawang merah.

Daging Merah

Usus perlu waktu beberapa jam, bahkan dapat satu hari dalam mencerna daging merah. Ketika proses pencernaan makanan berjalan lama, pasti ada makanan yang tersisa jadi menghasilkan racun serta gas berbau busuk yang siap untuk dilepaskan menjadi keringat yang berbau tidak sedap.

Alkohol serta Kafein

Kebiasaan ngopi di malam hari serta ngeteh ketika bersantai membuat orang tidak sadar bahwa bau badan di dirinya dikarenakan oleh kedua minuman tersebut. Alkohol juga tergolong minuman penyebab bau badan. Jika kamu ingin terbebas dari masalah bau badan, lebih baik batasi meminum minuman yang mengandung kafein serta alkohol.

Makanan Olahan serta Cepat Saji

Meskipun tidak sedikit makanan olahan memiliki cita rasa yang sangat nikmat, namun tubuh tetap akan meresponnya dengan tidak baik. Tidak sedikit makanan olahan serta cepat saji yang membusuk di perut sebab bahan penyusunnya. Otomatis dengan begitu nafas serta keringat menjadi bau.

Tembakau

Anda gemar merokok? Jangan kaget bila diterpa masalah klasik ini. Bau badan bakal hadir dengan mudah pada seorang perokok. Ini disebabkan oleh asap rokok yang terkontaminasi dengan unsur lain yang bakal keluar melewati kelenjar keringat yang baunya sangatlah tidak sedap. Meskipun Anda telah beberapi hari, minggu ataupun bulan berhenti merokok, bau ini akan tetap ada pada tubuh Anda sampai beberapa minggu ke depan.

2. Gunakan Pakaian Yang Tepat

Maksudnya gunakanlah pakaian yang enjoy yang membikin tubuh bisa bernafas, umpamanya pakaian yang berbahan katun yang bisa membuat keringat menguap dengan cara alami. Hindari menggunakan pakaian sempit dengan bahan polyester atau fiber sintetis terutama di sekitar area ketiak.

Demikian tips atau cara menghilangkan bau badan secara alami ampuh dan cepat, semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi Anda khususnya yang memiliki masalah dengan bau badan. Jika informasi cara menghilangkan bau badan secara alami ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk di 'Like' dan di 'Share' kepada teman atau kerabat Anda yang lain. Sehingga tips yang telah kami sajikan ini bisa menjadi referensi juga bagi teman-teman kita yang lain. Silahkan tunggu informasi-informasi berikutnya dari kami, hanya di www.caraika.com. Salam sehat dari kami. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami Ampuh dan Cepat"

Posting Komentar